Arif Winarto Blog

Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda

Mengenal Lebih Dekat Chairul Tanjung

diposting oleh arif-fst09 pada 06 September 2014
di Kisah - 0 komentar

Logo 2 Over

Tanggal 19 Mei 2014 Chairul Tanjung dilantik sebagai Menko Perekonomian Indonesia menggantikan Hatta Rajasa yang mundur karena mengajukan diri sebagai cawapres di Pemilu 2014. Mungkin bagi beberapa orang nama Chairul Tanjung (CT) kurang begitu terkenal dibandingkan Hatta Rajasa, namun anda pasti mengenal Trans TV,  stasiun televisi swasta ini adalah salah satu aset CT Corp yang dipimpinnya. Pengusaha berdarah Batak ini dianggap sebagai salah satu orang tersukses di Indonesia, dan diakui oleh dunia yang dibuktikan dengan menobatkan dirinya sebagai peringkat 375 orang terkaya versi majalah Forbes pada tahun 2014 dengan total nilai kekayaan sebesar $4 miliar atau lebih dari 44 triliun Rupiah. Walaupun demikian, ternyata CT dulunya memiliki nama panggilan unik yaitu "anak singkong" yang berarti kampungan; suatu tanda bahwa kesuksesan yang diraihnya sekarang ditempuh dengan perjalanan panjang.

Lahir di Jakarta, 16 Juni 1962 CT dibesarkan di lingkungan keluarga yang tidak berkecukupan. Ayahnya, A.G Tanjung, merupakan wartawan zaman orde lama berdarah Batak yang dipaksa pensiun oleh penguasa ketika memasuki orde baru. Ibunya berdarah Sunda yang  berasal dari Sukabumi. Dipengaruhi faktor kondisi keluarga CT terjun ke dunia bisnis sambil kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Berbagai usaha telah dikerjakannya, mulai dari menjual alat-alat tulis, kaos, fotokopi, hingga mendirikan toko peralatan kedokteran di daerah Senen, namun usaha tersebut akhirnya tutup. Ketika tamat kuliah CT mulai fokus serius kepada bisnis dengan mendirikan perusahaan patungan bersama teman-temannya pada tahun 1987. Bidang usaha yang dipilihnya adalah sepatu anak-anak dengan tujuan ekspor. Namun karena perbedaan visi dan pandangan dengan temannya, akhirnya CT memilih mundur dan menjalankan usahanya sendiri.

Dengan bakat dan kerja kerasnya membawa CT mendirikan CT Corp pada tahun 2011. CT Corp terdiri dari 3 grup besar yaitu Trans Corp, Mega Corp dan CT Global Resources. Trans Corp bergerak di bidang multimedia yang di dalamnya terdapat Trans TV, Trans Studio, Detik.com dan lain-lain. Mega Corp bergerak di bidang keuangan yang terdiri dari Bank Mega, Mega Insurance, Bank Sulawesi Utara, dan lain-lain. Sementara CT Global Resources adalah grup terbaru di bidang agrobisnis yang bergerak di usaha kelapa sawit.

Ketika ditanyakan resep agar bisa sukses seperti dirinya, ayah dua orang anak ini mengatakan sukses itu tergantung diri sendiri, rahasianya adalah mau berpikir dan berperilaku seperti orang sukses. Ia menekankan adalah integritas adalah hal penting, networking dengan rekan yang dapat dipercaya serta kesabaran adalah kunci utama dalam meraih kesuksesan, karena membangun bisnis itu tidak bisa instan, harus dijalani tahapannya satu persatu. Salah satu ucapan CT yang sangat menginspirasi adalah "sukses itu hak semua orang. Semua orang itu punya hak, dan bisa sukses. Camkan dalam hati dan kepala" kata CT di Graha Sanusi Unpad (Jobvaganza Fiesta 2013)

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   ">