Arif Winarto Blog

Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda

Cara Mengatasi Angin Duduk

diposting oleh arif-fst09 pada 31 August 2014
di Kesehatan - 0 komentar

angin duduk

Angin duduk terjadi saat tubuh mengalami kekurangan pasokan oksigen. Sebenarnya istilah penyakit angin duduk hanyalah sebutan yang berkembang di kalangan masyarakat awam yang tidak paham dalam hal medis. Sesuai dengan namanya, angin duduk adalah penyakit yang dapat menyebabkan kematian secara mendadak walaupun sang penderita tampak sehat di saat sebelumnya. Dan  saat ini dalam dunia kedokteran, penyakit angin duduk  sudah terindetifikasikan sebagai penyakit sindroma koroner akut.


Gejala Angin Duduk
Untuk mengatasi angin duduk atau sindroma koroner akut, terlebih dahulu kita harus mengetahui gejala-gejala awal yang ditimbulkan oleh penyakit angin duduk. Diantaranya adalah keluarnya keringat dingin dan rasa sesak di bawah dada atau ulu hati yang sangat nyeri. Rasa nyeri di dada tersebut dalam istilah medis disebut dengan angina pectoris. Rasa sesak tersebut menyebabkan rasa mual yang sangat berat. Ini disebabkan karena banyaknya flat atau kolesterol yang menempel di pembuluh darah jantung sehingga terjadi penyumbatan pada pembuluh darah jantung. Penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah jantung tersebut menyebabkan jantung tidak dapat menerima oksigen dan beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan jantung. Selain itu, gejala lain yang dapat timbul adalah rasa nyeri pada bagian punggung dan kedua gigi geraham secara bersamaan.


Jika timbul gejala-gejala seperti di atas, hendaknya secepatnya di beri penanganan medis dengan cepat. Bahkan dokter menyarankan jika seseorang mengalami gejala serangan angin duduk hanya dapat di tolong jika orang tersebut ditangani maksimal dalam selang waktu setengah jam saja. Hal itu dikarenakan sang penderita tidak dapat bernafas secara normal setelah terkena serangan angin duduk. Selain itu ada alternatif lain penanggulangan penyakit angin duduk setelah serangan pertama gejala tersebut, yaitu dengan mengkonsumsi obat sel pembeku darah atau  antiplatelet seperti aspirin dan sejenisnya. Obat-obatan tersebut wajib dimiliki dan selalu dibawa oleh orang yang di diagnosa memiliki penyakit jantung.


Mencegah Munculnya Angin Duduk
Tentu tidak dapat dijadikan jaminan bahwa orang yang terkena angin duduk tidak akan mengalami kematian, oleh karenanya mencegah lebih baik daripada mengobati. Mencegah timbulnya penyakit angin duduk dapat dilakukan dengan menjaga pola hidup yang baik. Diantaranya dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar dan menghindari makanan-makanan cepat saji yang mengandung banyak bahan pengawet dan kolesterol tinggi.. Kulit manggis dan daun sirsak juga sangat di rekomendasikan untuk dikonsumsi karena kandungan xenthone dan zat anti oksida di dalamnya dapat memperlancar aliran darah yang membawa oksigen menuju jantung.


Selain itu, menghilangkan kebiasaan stres dan emosi berlebihan juga sangat disarankan sehingga kontraksi denyut jantung normal dan tidak menimbulkan penyempitan pada pembuluh jantung. Kebiasaan ini pun harus diimbangi dengan latihan fisik seperti olahraga maupun kegiatan outdoor. Beraktivitas dan berolahraga sangat baik efeknya untuk kesehatan jasmani maupun kesehatan jiwa terutama jika olahraga tersebut dilakukan dengan kerabat dekat.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :