Arif Winarto Blog

Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

diposting oleh arif-fst09 pada 26 August 2014
di Kesehatan - 0 komentar

cara menurunkan kolesterol

Tingginya kandungan kolesterol dalam tubuh disebabkan oleh konsumsi minyak berlebih pada makanan dan juga banyaknya lemak yang terkandung dalam darah. Kebanyakan orang merasa tidak nyaman dan sering mengalami tegang karena kandungan minyak dan lemak dalam makanan tersebut. Bagaimana cara menurunkan kolesterol tersebut? Berikut penjelasannya.


Rutin berolahraga
Olahraga merupakan cara untuk menurunkan kadar kolesterol dan juga dapat menjaga kesehatan jantung. Sebenarnya kolesterol dapat mengurangi kadar kolesterol jahat atau trigliserida. Luangkan waktu 30 menit sehari untuk membantu membakar lemak dan kalori di dalam tubuh.


Jalan-jalan
Berjalan-jalan dapat digunakan sebagai pengganti olahraga. Berjalan-jalan sangat mudah Anda lakukan dan tidak memerlukan waktu yang banyak. Cara ini sangat mudah, sehat dan juga hemat. Selain jalan-jalan, latihan aerobik setiap pagi juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang dapat menghindarkan dari penyakit berbahaya seperti stroke, penyakit jantung, menurunkan berat badan dan menjaga tulang tetap kuat.


Kurangi asupan karbohidrat
Mengurangi asupan karbohidrat dan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak adalah salah satu cara menurunkan kolesterol.


Mengkonsumsi lemak tak jenuh
Lemak hanya dibutuhkan dalam porsi yang sedikit dalam tubuh. Dalam sehari, hanya dibutuhkan 25% sampai 35% asupan kalori setiap harinya. Lemak yang dibutuhkan oleh tubuh adalah lemak tak jenuh seperti kanola, zaitun, dan minyak biji bunga matahari. Manfaat dari lemak tak jenuh yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Lemak jenuh dapat ditemukan dalam mentega dan minyak kelapa sawit. Manfaat dari lemak jenuh ini dapat meningkatkan kolesterol jahat atau LDL. Walaupun demikian, lemak mengandung kalori dan lebih baik jika dikonsumsi secukupnya saja.


Berhenti merokok
Sebaiknya Anda berhenti merokok jika Anda menderita tekanan darah tinggi atau trigliserida yang tinggi. Dengan menghentikan kebiasaan merokok, Anda dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Seperti yang kita ketahui, tembakau berdampak buruk pada kesehatan karena dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.


Teh hijau
Teh hijau mengandung theanine yang dapat meningkatkan kolesterol baik. Untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah, konsumsilah 4 cangkir teh hijau setiap hari.


Tomat
Untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda dapat mengkonsumsi 2 gelas jus tomat setiap harinya, alternatif lain adalah dengan mengkonsumsi alpukat dan kedelai. Anda juga harus menghindari stres dan menjaga gula darah Anda agar tetap stabil.

 

Sebenarnya kolesterol berperan untuk membantu proses pembentukan dinding sel dan salah satu bahan dalam pembentukan hormon pada tubuh. Tapi, kolesterol dalam darah yang sudah melebihi kebutuhan akan mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit seperti stroke dan jantung koroner.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :