Arif Winarto Blog

Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda

Kurang Tidur Menyebabkan Konsentrasi Menurun

diposting oleh arif-fst09 pada 23 August 2014
di Kesehatan - 0 komentar

kurang tidur

Kurang tidur merupakan hal serius yang sering diabaikan oleh sebagian besar masyarakat. Mereka menganggap begadang adalah hal yang wajar dilakukan, khususnya para generasi muda. Padal, ada banyak bahaya mengancam kesehatan Anda apabila tubuh Anda kekurangan tidur. Lalu apa saja bahaya kurang tidur? Simak bahasan berikut ini.

Tidur merupakan aktivitas yang sering disepelekan oleh banyak orang. Padahal tidur merupakan persiapan tubuh kita untuk menghadapi kegiatan esok hari. Apabila tubuh kekurangan tidur dan istirahat, tentu akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa bahaya yang akan kita alami apabila kekurangan tidur dimalam hari.

  1. Kehilangan fokus menyetir
    Jika Anda adalah orang yang harus mengendarai mobil atau motor untuk pergi bekerja, maka waspadalah jika Anda mempunyai kebiasaan tidur larut malam. Karena hal ini akan berdampak pada konsentrasi atau fokus Anda pada saat mengendarai kendaraan Anda. Tentu hal ini tidak bisa dianggap sepele karena menyangkut keselamata berkendara Anda dijalan raya. Maka sebaiknya tidurlah tepat waktu, atau setidaknya 8 jam sehari untuk memulihkan konsentrasi Anda
  2.  

  3. Konsentrasi belajar menurun
    Jika Anda adalah seorang pelajar, mahasiswa atau karyawan yang membutuhkan konsentrasi tinggi dalam melakukan pekerjaan, maka hindarilah tidur larut malam. Karena kurang tidur akan mengakibatkan konsentrasi Anda menurun saat belajar maupun saat melakukan pekerjaan Anda.
  4.  

  5. Datangnya berbagai penyakit
    Kurang tidur menyebabkan tubuh Anda dihinggapi banyak penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, stroke, maupun diabetes. Anda tentu tidak ingin dihampiri berbagai penyakit tersebut, salah satunya dengan menghindari tidur larut malam.
  6.  

  7. Stres yang berlebih
    Kurang tidur juga akan memicu stres dan juga sering marah tidak jelas dan juga sering murung disela-sela waktu beraktivitas Anda.
  8.  

  9. Berdampak pada kesehatan kulit dan mata
    Kurang tidur juga akan berdampak pada kesehatan kulit dan mata Anda. Kulit akan terlihat kusam dan mata sering terlihat bengkak. Serta adanya kantung mata dibawah mata Anda.
  10.  

  11. Mendadak lupa
    Kadang Anda sering lupa menaruh barang-barang Anda sendiri. Mungkin saja hal tersebut diakibatkan karena Anda kurang tidur dimalam hari.
  12.  

  13. Mengakibatkan obesitas atau kegemukan
    Tidur larut malam akan mengakibatkan meningkatnya rasa lapar yang lebih daripada biasanya. Hal tersebut mengakibatkan tubuh akan mengalami kegemukan atau obesitas karena Anda cenderung Akan menuruti rasa lapar Anda dan ngemil dimalam hari.

Kurang tidur banyak diabaikan oleh banyak orang dan mereka cenderung menyepelekan hal ini. Padahal kurang tidur akan merugikan tubuh Anda sendiri. Sebaiknya Anda mulai memperhatikan jam tidur malam Anda agar tidak mengalami hal-hal buruk yang tidak Anda inginkan.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :