Arif Winarto Blog

Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda

Titik Akupuntur Pendeteksi Gangguan Kesehatan

diposting oleh arif-fst09 pada 16 August 2014
di Kesehatan - 0 komentar

titik akupuntur

Titik akupuntur banyak ditemukan ditubuh kita yang merupakan pusat tubuh yang bisa dilakukan terapi akupuntur. Selain penggunaan obat-obatan, teknik memijat urut merupakan salah satu media pengobatan alternatif yang menjadi pilihan banyak orang. Salah satunya yaitu akupuntur yang kita kenal sekarang ini merupakan warisan bangsa Cina yang telah lama dilakukan untuk menyembuhkan gangguan kesehatan. Titik-titik akupuntur itu tidak sembarangan ditentukan, jika kita ingin melakukan akupuntur, haruslah dilakukan oleh therapist yang ahli.

Pengertian akupuntur

Akupuntur pada dasarnya adalah pengobatan tradisional dari masyarakat Tionghoa. Akupuntur merupakan jaringan jalan chi (energi) yang tersebar didalam tubuh. Didalam tubuh terdapat jaringan sirkulasi darah dan memiliki jaringan syaraf, jadi energy dalam tubuh juga dipercaya ada jaringannya sendiri yaitu akupuntur atau meridian.

Akupuntur merupakan metode pengobatan tradisional yang berasal dari Cina dan umumnya menggunakan jarum khusus sebagai alat untuk menyentuh titik-titik akupuntur di kaki, tangan, perut dan bagian lain.dalam ilmu pengobatan Cina, penyakit yang timbul didalam tubuh disebabkan oleh aliran energy yang tidak lancar ke seluruh bagian tubuh. Sehingga mengakibatkan bagian tubuh tersebut tidak teraliri energi secara sempurna dan mengakibatkan adanya gangguan kesehatan.

Titik akupuntur berpusat diseluruh tubuh. Titik akupuntur banyak ditemukan di tangan dan kaki, sehingga pada daerah ini, akupuntur banyak dilakukan.

Titik akupuntur kaki

1.Area bagian kanan, merupakan bagian syaraf pada organ tubuh yang berfungsi menangani gangguan pada  pada bagian otak yaitu otak kecil dan otak kiri. Lalu pada bagian Telinga hidung tenggorokan (THT), berfungsi untuk menangani gangguan pada mata dan dahi kiri, tiroid, paru-paru kanan, lutut kiri dan berbagai organ lain.

2. Area kaki kiri, terdiri dari titik syaraf untuk menangani gangguan  organ yang umumnya bagian kanan yaitu otak kanan, jantung, limpa dahi, mata kanan, usus 12 jari, rektum, anus serta lutut kanan.

Titik akupuntur tangan

1. sisi luar atas ibu jari, merupakan jalur meridian akupuntur yang berhubungan dengan paru-paru dan saluran pernafasan. Bila area ini dipijat dan terasa sakit, berarti Anda terkena sakit pada organ pernafasan.  

2. Sisi bawah kuku kelingking,jaringan pada area ini berhubungan dengan fungsi jantung dan peredaran darah atau penyakit yang berhubungan dengan ginjal.

3. Kuku jari tengah, titik akupuntur ini mempengaruhi cara kerja usus kecil. Bila area ini dipijit dan terasa sakit, berarti Anda dalam keadaan gelisah, sakit mulut, sakit perut, juga sakit kelainan pada limpa.

4. Kuku jari telunjuk,jaringan pada area ini untuk mendeteksi penyakit pada sistem pencernaan yang kurang baik, pundak dan bahu terasa nyeri, sakit kepala depan, sakit pinggang, bokong dan paha.

5. Bagian bawah kuku jari manis, jaringan pada area ini mengatur sistem limpa dan sistem hormonal.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :